Kamis, 21 Juni 2012

Emas Batangan (Bar)


Emas batangan (gold bar) adalah emas logam mulia (mempunyai kadar emas 22K – 99.99) yang dicetak dan diterbitkan oleh manufaktur yang terakreditasi dan disertai dengan sertifikat yang menyatakan berat dan keasliannya. Walaupun namanya emas batangan (bar) pada prakteknya tidak selalu berbentuk batang logam. Tetapi yang pasti setiap emas batangan ini terbuat dari emas logam mulia dan disertai sertifikat berikut nomor registrasi. Nomor ini juga dicetakkan pada produk emas logam mulia. Jadi pada setiap emas batangan akan tercetak data-data seperti berat emas, karat, logo dan nama manufaktur yang mencetak dan terakhir adalah nomor registrasi produk. Data yang sama juga akan tertera pada sertifikat yang menyertai setiap batang emas. Emas batangan ini mempunyai pecahan berat yang beragam. Satuan terkecil adalah 1 gram sementara yang terberat adalah 250kg. Secara umum emas dengan pecahan besar dibuat dengan cara cetak, yakni emas cair dituang kedalam cetakan-cetakan. Sementara itu emas dengan pecahan kecil dibuat dengan sistem potong mirip dengan cara membuat koin emas. Beberapa negara mempunyai bentuk dan satuan yang unik yang kemudian menjadi ciri khas emas logam mulia mereka. Inilah beberapa diantaranya :

400 ounce bar / 12,5 kg bar
Ini adalah emas logam mulia dengan satuan terberat yang masih lazim diperdagangkan. Tetapi karena ukurannya yang tidak mudah dipindahtangankan maka hanya sertifikat keasliannya saja yang diperjualbelikan, sementara fisik emasnya tetap disimpan di bank.

Kilogold Bar
Kilogold bar merupakan bentuk investasi emas logam mulia paling populer terutama di negara Amerika dan Eropa. Dicetak dalam bentuk balok bata (brick) dan mempunyai berat 1000 gr atau 1 kg. Dalam skala berat kilogold bar masih dapat dengan mudah dipindahtangankan. Namun beberapa investor lebih memilih memperdagangkan sertifikat kepemilikan untuk meminimalisir resiko.

Tezabi Bar
Tezabi adalah emas logam mulia asal Pakistan dan satu-satunya emas logam mulia yang tidak diproduksi oleh manufaktur yang berakreditasi. Umumnya emas tezabi dicetak dalam skala industri rumah. Secara teoritis tezabi mengandung 99.00% emas murni. Tezabi dicetak menyerupai bentuk koin Lydian dengan berat variatif, bergantung ketersediaan bahan baku. Emas logam mulia tezabi seringkali dimurnikan dari emas tua atau perhiasaan rusak menggunakan teknik tradisional yang berusia 2000 tahun.

Tael bar
Tael bar adalah satuan emas logam mulia yang umum diperdagangkan di negara yang mayoritas penduduknya berbahasa mandarin. Satu tael setara dengan 1,2 ounce atau 37,4 gr dengan rentang dari 1 tael hingga yang terberat 10 tael. Tael sendiri dicetak dalam tiga bentuk yakni bentuk perahu, donat dan biskuit. Paling populer adalah bentuk biskuit dengan berat 5 tael. Umumnya dicetak di Hongkong dan dipasarkan ke China dan Taiwan.

Decorative "fine art" gold bar
Kadang kala emas logam mulia juga dicetak dengan gravir atau ornamen seringkali dalam rangka memperingati suatu kejadian tertentu. Keping emas logam mulia ini diperdagangkan dengan premium yang cukup tinggi dan biasanya dibeli oleh para kolektor. Emas dekoratif ini umumnya di produksi oleh perusahaan Swiss - seperti
PAMP - Jerman dan Brasil.

Pendant (liontin) gold bar
Emas logam mulia juga sering diperdagangkan dalam bentuk liontin. Tentu saja seluruh data dan spesifikasi emas mulia dicetakkan diatas liontin tersebut juga disertai sertifikat. Bentuk ini lazim dipergunakan sebagai hadiah di beberapa negara Eropa.

Emas logam mulia Antam
Di Indonesia emas logam mulia bersertifikat dikeluarkan oleh PT. Antam, Tbk. dengan cetak desain berbentuk biskuit. Emas logam mulia Antam mempunyai pecahan yang sangat bervariasi yakni 1gr, 2gr, 2.5gr, 3gr, 4gr, 5gr, 10gr, 25gr, 50gr, 100gr, 250gr, 1000gr. Cetak desain Antam juga berubah dari tahun ke tahun ( dengan desain per Maret 2011 berbentuk biskuit vertikal). Demikianlah beberapa bentuk emas logam mulia yang diperjualbelikan. Masih ada banyak bentuk lain seperti tola, chi, koban bahkan ada yang dicetak menyerupai tokoh kartun. Emas logam mulia umumnya diperjualbelikan terbatas di negara penerbit, karena resiko yang tinggi saat hendak memindahkan emas fisik keluar negara. Tetapi setiap emas logam mulia yang disertai sertifikat dari manufaktur berakreditasi dapat diperjualbelikan dimana saja. Inilah keuntungan dari emas logam mulia bersertifikat yang tidak dimiliki oleh emas bentuk lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar